Sholat Rabu Terakhir Di Bulan Shofar
Apa Rebo Wekasan itu?
Jawab: Rebo Wekasan adalah hari Rabu yang terakhir pada bulan Shafar. Dari beberapa
cara merayakan Rebo Wekasan ada yang mengganjal dalam pikiran penulis yaitu
dengan cara melalukan shalat Rebo wekasan yang dikerjakan pada hari Rabu pagi
akhir bulan Shafar setelah shalat Isyraq, kira-kira mulai masuk waktu Dhuha.
Pada dasarnya Shalat Rebo Wekasan tidak ditemukan temukan adanya Hadits yang
menerangkan shalat Rebo Wekasan.
Ada sebuah kitab berjudul “Kanzun Najah” karangan Syekh Abdul Hamid
Kudus yang pernah mengajar di Makkatul Mukaramah. Dalam buku tersebut
diterangkan bahwa telah berkata sebagian ulama ‘arifin dari ahli mukasyafah
(sebutan ulama sufi tingkat tinggi), bahwa setiap hari Rabu di akhir bulan
Shafar diturunkan ke bumi sebanyak 360.000 malapetaka dan 20.000 macam bencana.
Bagi orang yang melaksanakan shalat Rebo Wekasan atau shalat tolak bala pada
hari tersebut sebanyak 4 raka’at satu kali salam atau 2 kali salam dan pada
setiap raka’at setelah membaca surat Al Fatihah dilanjutkan dengan membaca
surat Al Kautsar 17 kali, surat Al Ikhlas 5 kali, surat Al Falaq 2 kali dan
surat An Nas 1 kali. Setelah selesai shalat dilanjutkan membaca do’a tolak
bala, maka orang tersebut terbebas dari semua malapetaka dan bencana yang
sangat dahsyat tersebut.
Atas dasar keterangan tersebut, maka shalat Rebo Wekasan tidak bersumber
dari Hadits Nabi saw dan hanya bersumber pada pendapat ahli mukasyafah ulama
sufi. Oleh sebab itu, mayoritas ulama mengatakan shalat Rebo Wekasan tidak
dianjurkan dengan alasan tidak ada Hadits yang menerangkannya. Ada pula ulama
yang membolehkan melakukan shalat Rebo Wekasan, dengan dalih melakukan shalat
tersebut termasuk melakukan keutamaan amal (Fadhailul ‘amal).
Tata cara melaksanakan sholat rabu wekasan dalam kitab Al-Jawahir Al-Khomsi halaman 51-52
1. Niat
اُصَلِى سُنَّةَ لِدَفْعِ الْبَلَايَا ركعتين لله تعالى
2. Sholat 4 roka'at dengan 2 salaman. Tiap satu roka'at membaca:
- - Surat Al-Fatihah 1x
- - Surat Al-Kautsar 17x
- - Surat Al-Ikhlas 5x
- - Surat Al-Falaq 1x
- - Surat An-Naas 1x
3. Doa
اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد . والحمد لله رب العالمين اَلَّلهُم يَا شَدِيْدُ القُوَّى وَيَا شَدِيْدُ المِحَالَ يَا عَزِيزُ مَنْ
ذَلَّتْ لِعِزَّثِكَ جَمِيْعِ خَلْقِكَ اِكْفِنَا مِنْ شَرِّى جَمِيعِ خَلْقِك مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلَ يَا مُنْعِمُ يَا مُتَكَرِّمُ يَا مَنْ لَااِلهَ اِلَّا اَنْتَ اِرْحَمْنَا بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرحِمِيْنَ اللهم بِسِرِّ الحَسَنِ وَاَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَاَبِيْهِ وَاُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنَا شَرَّ هَذَا الْيَوْمَ وَمَا يُنَزِّلُ فِيْهِ يَا كَافِى الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ البَلِيَّاتْ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ الله وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ وَحَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيْل نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْر وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Sekarang ini kita telah memasuki bulan Shafar, bulan kedua dari penanggalan
Hijriyah. Oleh sebagian ulama, bulan Shafar ini diberi julukan Shofarul
Khoir, artinya Shofar yang penuh kebaikan.
Kenapa dinamakan
demikian? Karena umumnya orang awam menyangka bahwa bulan Shofar
adalah bulan sial atau penuh dengan bala (bencana).
Sehingga untuk membuat rasa
optimis umat Islam maka dinamakanlah Shofarul Khoir. Sehingga bulan
Shafar tidak terkesan menakutkan apalagi dipercaya sebagai bulan kesialan.
Padahal setiap bulan-bulan Islam itu memiliki kekhususan dan keistimewaan
sendiri-sendiri, demikian pula Shafar.
* Dalam hadits riwayat Bukhari Muslim, Rosulullah SAW meluruskan dan
menjelaskan tentang hal-hal yang merupakan penyimpangan akidah itu. Rasulullah
bersabda:
“Tidak ada penularan penyakit, tidak diperbolehkan meramalkan adanya hal-hal buruk, tidak boleh berprasangka buruk, dan tidak ada keburukan dalam bulan Shafar.
“Tidak ada penularan penyakit, tidak diperbolehkan meramalkan adanya hal-hal buruk, tidak boleh berprasangka buruk, dan tidak ada keburukan dalam bulan Shafar.
* Dalam hadits riwayat Imam Thobroni, Rasulullah SAW bersabda:
“Tidak akan mendapat derajat tinggi orang pergi ke dukun, orang bersumpah untuk kepentingan pribadi, atau orang yang kembali atau tidak jadi bepergian karena ramalan.
“Tidak akan mendapat derajat tinggi orang pergi ke dukun, orang bersumpah untuk kepentingan pribadi, atau orang yang kembali atau tidak jadi bepergian karena ramalan.
* Dalam Islam, semua bulan dan hari itu baik, masing-masing mempunyai
sejarah, keistimewaandan peristiwa sendiri-sendiri. Jika bulan tertentu
mempunyai sisi nilai keutamaan yang lebih, bukan berarti bualn yang lain
merupakan bulan yang buruk. Misalnya, dalam bulan Romadlon ada peristiwa Nuzul
al Qur’an dan Lailat al Qodar, dalam bulan Rojab ada Isro’
dan Mi’roj dan dalam bulan Robi’ul Awwal ada peristiwa Maulid atau
kelahiran Rasulullah SAW dan lain-lain.
- Imam Ibn Hajar ash Shafii tentang hari Nahas.
Al Imam Ibn Hajar al Haitami pernah ditanya tentang bagaimana status adanya
hari nahas yang oleh sebagian orang dipercaya, sehingga mereka berpaling dari
hari itu atau menghindarkan suatu pekerjaannya karena dianggap hari itu penuh
kesialan.
Beliau menjawab bahwa jika ada orang mempercayai adanya hari nahas (sial) dengan tujuan mengharuskan untuk berpaling darinya atau menghindarkan suatu pekerjaan pada hari tersebut dan menganggapnya terdapat kesialan, maka sesungguhnya yang demikian ini termasuk tradisi kaum Yahudi dan bukan sunnah kaum muslimin yang selalu tawakkal kepada Allah dan tidak berprasangka buruk terhadap Allah.
Sedangkan jika ada riwayat yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah bathil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelans, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini. (Fatawa Al Haditsiyah).
Kita semua yakin bahwa terjadinya musibah atau gejala alam yang menimpa manusia, bukan karena adanya hari nahas atau karena adanya binatang tertentu atau karena adanya kematian seseorang. Yang kita yakini adalah semua yang terjadi di alam ini adalah dengan takdir dan kehendak Allah.
Hari-hari, bulan, matahari, bintang dan makhluk lainnya tidak bisa memberikan manfaat atau madlarat (bahaya), tetapi yang memberi manfaat dan madlarat adalah Allah semata. Maka meyakini ada hari nahas atau hari sial yang menyebabkan seorang muslim menjadi pesimis, tentunya itu bukan ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah.
Semua hari adalah baik, dan masing-masing ada keutamaan tersendiri. Hari dimana kita menjaganya dan mengisinya dengan kebaikan dan ketaatan, itulah hari yang sangat menggembirakan dan hari raya buat kita. Seperti dikatakan oleh ulama Salaf, hari rayaku adalah setiap hari dimana aku tidak bermaksiat kepada Allah pada hari itu, dan tidak tertentu pada suatu hari saja.
Beliau menjawab bahwa jika ada orang mempercayai adanya hari nahas (sial) dengan tujuan mengharuskan untuk berpaling darinya atau menghindarkan suatu pekerjaan pada hari tersebut dan menganggapnya terdapat kesialan, maka sesungguhnya yang demikian ini termasuk tradisi kaum Yahudi dan bukan sunnah kaum muslimin yang selalu tawakkal kepada Allah dan tidak berprasangka buruk terhadap Allah.
Sedangkan jika ada riwayat yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah bathil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelans, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini. (Fatawa Al Haditsiyah).
Kita semua yakin bahwa terjadinya musibah atau gejala alam yang menimpa manusia, bukan karena adanya hari nahas atau karena adanya binatang tertentu atau karena adanya kematian seseorang. Yang kita yakini adalah semua yang terjadi di alam ini adalah dengan takdir dan kehendak Allah.
Hari-hari, bulan, matahari, bintang dan makhluk lainnya tidak bisa memberikan manfaat atau madlarat (bahaya), tetapi yang memberi manfaat dan madlarat adalah Allah semata. Maka meyakini ada hari nahas atau hari sial yang menyebabkan seorang muslim menjadi pesimis, tentunya itu bukan ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah.
Semua hari adalah baik, dan masing-masing ada keutamaan tersendiri. Hari dimana kita menjaganya dan mengisinya dengan kebaikan dan ketaatan, itulah hari yang sangat menggembirakan dan hari raya buat kita. Seperti dikatakan oleh ulama Salaf, hari rayaku adalah setiap hari dimana aku tidak bermaksiat kepada Allah pada hari itu, dan tidak tertentu pada suatu hari saja.