Membentuk Keluarga Yang Sesuai Dengan Al Qur'an


Beberapa macam pengertian keluarga, karena keluarga mempunyai banyak makna yang tak terhingga dalam kehidupan ini. 
Pengertian Keluarga secara Struktural:
Keluarga didefenisikan berdasarkan kehadiran atau ketidakhadiran anggota keluarga, seperti orang tua, anak, dan kerabat lainnya. Defenisi ini memfokuskan pada siapa yang menjadi bagian dari keluarga. Dari perspektif ini dapat muncul pengertian tentang keluarga sebaga asal-usul (families of origin), keluarga sebagai wahana melahirkan keturunan (families of procreation), dan keluarga batin.
Pengertian fungsional:
Keluarga didefenisikan dengan penekanan pada terpenuhinya tugas-tugas dan fungsi-fungsi psikososial. Fungsi-fungsi tersebut mencakup perawatan, sosialisasi pada anak, dukungan emosi dan materi, dan pemenuhan peran-peran tertentu. Defenisi ini memfokuskan pada tugas-tugas yang dilakukan oleh keluarga.
Pengertian transaksional:
Keluarga didefenisikan sebagai kelompok yang mengembangkan keintiman melalui perilaku-perilaku yang memunculkan rasa identitas sebagai keluarga (family identity), berupa ikatan emosi, pengalaman historis, maupun cita-cita masa depan. Defenisi ini memfokuskan pada bagaimana keluarga melaksanakan fungsinya.

Dalam Al Qur'an bentuk dan model keluarga ada empat bagian:
1.Keluarga Idaman
Sebagaimana rumah tangga kanjeng nabiMuhammad Saw dan nabi Ibrahim Alaihis salam.
Suami sangat baik karena berpedoman iman. Istri juga berpedoman pada iman. Mereka berdua ahli ibadah,
Mesnsyukuri atas semua pemberian allah dalam kehidupannya.
- Hidupnya selalu bersama sama dalam menghadapi segala ujian, cobaan, dalam hidup. Sehingga di dunia hidup bahagia, jadi suami istri selamanya, keduanya di akherat berada dalam surganya Allah Swt.
Tercermin dalam Al qur'an

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Furqon: 74)
Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim sebagai imamnya orang orang yang bertaqwa di dukung penuh oleh istri dan anak anaknya.
2. Model rumah tangga Nabi Nuh dan Nabi Luth
Suaminya sangat baik tapi istrinya sangat buruk keimananya kepada Allah Swt. Nabi Nuh dan Nabi Luth ini keduanya menjadi pasangan suami istri sampai akhir hayatnya di dunia saja, tapi di akherat akan berpisah.
Tercermin dalam Al Qur'an:
ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ كَفَرُوا امْرَأَتَ نُوحٍ وَامْرَأَتَ لُوطٍ ۖ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ
“Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat[1487] kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): “Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam).” (QS. al-Tahrim: 10)
3. Model rumah tangga raja fir'aun
Suaminya sangat buruk sekali keimananya kepada Allah Swt sehingga dia mengaku menjadi tuhan, tapi istrinya sangat baik keimanan dan akhlaqnya kepada tuhan. Inin di dunia juga menjadi pasangan suami istri sampai mati tapi di akherat nanti akan berpisah, Siti Aisiyah akan masuk ke surga Allah Swt. Fir'aun akan terbakar dalam bara api jahannam yang paling dalam.
Allah memberikan contoh bago orang yang beriman, istri dari fir'aun{orang yang mengaku menjadi tuhan} bisa masuk ke dalam surga allah.
Terdapat dalam surat At tahrim
وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِندَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِن فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ
“Dan Allah membuat isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu[1488] dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim” (QS. al-Tahrim: 11}
4. Model rumah tangga Abu Lahab
Kehidupan rumah tangga yang sangat jelek. Suami dan istri sangat buruk keimananya kepada Allah Swt.
Allah Melaknatnya dalam Al qur'an.

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ ﴿١﴾ مَا أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ ﴿٢﴾ سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ ﴿٣﴾ وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ ﴿٤﴾ فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِّن مَّسَدٍ ﴿٥﴾
“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.” (Al-Lahab: 1-5)
Allah menggambarkan ia sebagai orang yang membawa kayu bakar. Pembawa kayu bakar dalam bahasa Arab adalah kiasan bagi penyebar fitnah. Isteri Abu Lahab disebut pembawa kayu bakar karena dia selalu menyebar-nyebarkan fitnah untuk memburuk-burukkan nabi Muhammad s.a.w. dan kaum Muslim.
Itulah empat macam sebagian bentuk dari kehidupan rumah tangga yang terdapat dalam Al Qur'an.


  • Sekembalinya suami dari bekerja, dinas luar kota, bepergian, atau kemana pun dia pergi, sambutlah dia dengan baik.
  • Temui dia dengan wajah riang gembira.
  • Bersolek dan pakailah wewangian.
  • Kabarilah dia dengan kabar-kabar baik yang menggembirakan. Tahan diri Anda untuk menyampaikan berita-berita buruk, setidaknya sampai dia telah beristirahat dengan cukup.
  • Berusaha keraslah untuk menyajikan makanan-makanan bermutu, dan sajikanlah selalu tepat waktu
  • - See more at: http://www.voa-islam.com/read/artikel/2010/07/09/7931/keluarga-sakinah17-jurus-membahagiakan-suami/#sthash.jXNfRYMN.dpuf
    Sekembalinya suami dari bekerja, dinas luar kota, bepergian, atau kemana pun dia pergi, sambutlah dia dengan baik. - See more at: http://www.voa-islam.com/read/artikel/2010/07/09/7931/keluarga-sakinah17-jurus-membahagiakan-suami/#sthash.jXNfRYMN.dpuf
    Sekembalinya suami dari bekerja, dinas luar kota, bepergian, atau kemana pun dia pergi, sambutlah dia dengan baik. - See more at: http://www.voa-islam.com/read/artikel/2010/07/09/7931/keluarga-sakinah17-jurus-membahagiakan-suami/#sthash.jXNfRYMN.dpuf

    Sekembalinya suami dari bekerja, dinas luar kota, bepergian, atau kemana pun dia pergi, sambutlah dia dengan baik. - See more at: http://www.voa-islam.com/read/artikel/2010/07/09/7931/keluarga-sakinah17-jurus-membahagiakan-suami/#sthash.jXNfRYMN.dpuf
    Bersolek dan pakailah wewangian.

    Google +