Nabi daud menikah dengan tasayukh melahirkan nabi sulaiman

Nabi daud menikah dengan tasayukh melahirkan nabi sulaiman
Wahai sahabat santri cyber yang kami hormati. Alhamdulillah was-syukrulillah atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt kepada kita semua. Sehingga kita dapat betjumpa lagi dalam forum kajian tulisan santri. Marilah kita bersama-sama mnedengarkan dawohnya para ulama’ lewat keterangan syaikh ahmad bi Muhammad al-khanafi.

Sebelum kita mulai, marilah kita menata hati, terutama yaitu menata kehidupan cara lahir, yang otomatis berkaitan dengan materi. Bagi setiap yang akan melakukan pekerjaan, ayo janganlah lupa tunaikanlah sholat dhuha, kemudian membaca surat al-waqi’ah, kalau waktunya masih ada silakan membaca surat al-mulk. Surat al-waqi’ah faedahnya untuk mendapatkan dan memperlancar rizqi. Sedangkan surat al-mulk faedahnya supaya kita tercatat sebagai orang yang selamat dan mendapat pertolongan dari Allah Swt lewat barokahnya surat al-mulk.

Dalam pertemuan kajian santri cyber kali ini menceritakan tentang kesalahan nabi daud alaihissalam. Nabi daud termasuk nabi yang sangat banyak keistimewaannya, termasuk keindahan suaranya. Sampai-sampai kalau nabi daud itu mengumandangkan suaranya lewat bacaan kalamullah, burung-pun bisa terdiam, jin-jin itu bisa berkumpul mendengarkan bacaanya, dan memang banyak kesuksesan yang dimiliki oleh nabi daud alaihissholatu wassalam.

Nabi daud itu sanggat tekun beribadahnya kepada Allah Swt. Namun namanya juga manusia kadang-kadang keluar sifat ingin tahu sampai dimana kemampuan yang dimilikinya. Sebab-sebab terpelesetnya nabi daud pada suatu kesalahan yaitu berkata:

Nabi daud:Ya robbi, sesungguhnya panjenengan sudah memberi cobaan kepada semua para nabi yang tujuannya supaya besar pahalanya. Tinggal diriku ya robbi yang belum panjenengan berikan cobaan. Saya juga ingin sama seperti nabi-nabi zaman dahulu.

Menurut akal manusia, ini kan hal yang benar. Benarnya, jika memang tambah besar cobaannya, maka orang itu pahalanya juga tambah besar. Kalau cobaannya kecil, pahalanya juga kecil. Karena seperti itu, maka nabi daud ingin diuji oleh Allah Swt. Nabi daud ingin mendapatkan cobaan ujian dari Allah Swt, tujuannya supaya mendapatkan pahala yang besar disisi Allah Swt.

Kemudian Allah Swt memberikan wahyu kepada nabi daud”kalau memang permintaanmu seperti itu daud, maka tunggulah bahwasanya kamu, pada hari itu, bulan ini, tahun ini kamu akan aku beri cobaan. Siapkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh. Totoen imanmu jangan sampai terlepas dariku”

Nabi daud sesudah itu bersiap-siap untuk menyambut hari yang sudah ditentukan oleh Allah Swt. Maka datanglah iblis laknatullah dalam bentuk menyerupai seekor burung. Yang modelnya berbentuk seperti burung dara. Bulu-bulunya terbuat dari emas, sayapnya dari intan permata, paruhnya terbuat dari zamrud hijau. Karena melihat burung seperti itu otomatis nabi daud ini punya keyakinan bahwa burung ini tidak mungkin datang dari dunia biasa. Nabi daud memiliki keyakinan bahwa burung itu datangnya dari surga.

Karena memiliki keyakinan seperti itu maka hatinya nabi daud terganggu. Tidak beribadah justru malah takjub melihat keindahan burung tersebut. Dalam satu sudut melihat sesuatu yang datangnya dari surga merupakan satu kenikmatan, tapi disudut yang lain karena ketika melihat dunia itu satu kenikmatan, maka kita dianggap salah oleh Allah Swt. Yang bisa melupakan pekerjaan pokok yang namanya ibadah.

Maka nabi daud mempunyai keinginan untuk memegang burung itu. Dikejarlah burung itu oleh nabi daud, bahkan hingga nabi daud keluar dari istananya menuju halaman istana untuk mengejar burung itu. Akhirnya burung yang sangat indah itu bertenger disalah satu pohon yang berada dalam taman istana. Dikebun ternyata ada seorang wanita yang sangat jelita, dengan kecantikan yang dimiliknya seluruh wanita pada zaman itu tidak ada yang menandingi kecantikannya. Wanita itu sedang mandi. Saat nabi daud berada didalam kebun, maka secara tidank sengaja, nabi daud melihat wanita itu, karenamerasa dilihat oleh nabi daud, maka wanita itu malu dan menutupi seluruh tubuhnya dengan rambutnya yang sangat panjang. Rambut yang awalnya tertata rapi, kemudian diuraikan keseluruh tubuhnya.

Karena seluruh anggota tubuh itu tertutupi oleh rambut sehingga menjadikan nabi daud penasaran. Karena terbuai oleh rasa penasaran, maka nabi daud tidak bisa tidur dengan nyenyak. Makan rasanya tidak enak, minum seperti tidak terasa segarnya di tenggorokan. Dalam bahasa gaulnya nabi daud terjangkit penyakit kasmaran. Akhirnya nabi daud bertanya kepada para pengawalnya tentang wanita yang selalu mandi dikebun istana selama ini. Maka para pengawalnya menjawab, bahwa wanita itu adalah istri dari prajuritnya sendiri. Dan untuk saat ini suaminya sedang bertugas keluar daerah dalam suatu peperangan. Lamanya sudah tiga bulan belum kembali juga dari nedan pertempuran.

Setelah beberapa waktu lamanya akhirnya prajurit yang sudah melakukan peperangan itu kembali ke kerajaan. Kemudian nabi daud mengirimkan pesan kepada pemimpin prajurit yang bernama urea bin hanna, yang menjadi komandan peperangan, aku perintahkan untuk maju dengan membawa bendera kebanggaan kerajaan. Adapun nabi daud mempunyai keyakinan setiap prajurit yang berada digaris depan dengan membawa bendera kerajaan pasti kemungkinan besar akan mati.

Sebagai prajurit maka urea atau suami dari wanita cantik jelita tadi maju dengan gagah berani dalam medan pertempuran dengan membawa bendera kerajaan. Alhasil apa yang diduga dan direncanakan oleh nabi daud benar-benar terjadi. Prajurit urea gugur dalam medan pertempuran saat melawan musuh.

Kemudian panglima perang mengirimkan surat kepada nabi daud tentang berita gugurnya prajurit urea dalam pertempuran. Akhirnya istri dari urea dilamar oleh nabi daud. Sesudah dinikah oleh nabi daud, memang wanita ini meski direbut dari suaminya orang, wanita ini adalah wanita yang sholichah. Maka setelah dinikahi oleh nabi daud, wanita ini melahirkan seorang anak , yang anaknya juga menjadi seorang nabi, yang bernama nabi sulaiman alaihissalam. Nama ibu dari nabi sulaiman adalah tasayukh.

Nah yang menjadi kesalahan nabi daud saat itu adalah bahwa nabi daud sudah mempunyai istri yang jumlahnya sebanyak 99 istri. Sedangkan urea hanya mempunyai seorang istri. Sehingga lengkaplah jumlahnya istrinya nabi daud itu menjadi 100 istri.

Dengan adanya kejadian seperti itu akhirnya Allah Swt mengutus dua malaikat yang diserupakan oleh Allah Swt berbentuk dua orang laki-laki. Kemudian dua malaikat tadi berangkat menemui nabi daud. Saat melihat kedua malaikat yang menyerupai orang laki-laki nabi daud merasa terkejut. Mengetahui nabi daud terkejut, maka kedua malaikat tadi berkata kepada nabi daud

”jangan takut wahai nabi daud, kedatangan kami berdua mempunyai keperluan kepadamu. Dengan jalan meminta keputusan darimu”

Maka nabi daud bertanya:ada keperluan apa kalian berdua datang kepadaku

Orang laki-laki kesatu:nabi daud, saudaraku ini mempunyai kambing yang sudah banyak, hingga mencapai 99 kambing. Sedangkan aku hanya mempunyai seekor kambing. Kemudian saudaraku ini mengatakan berikan saja kambingmu yang cuman satu itu kepadaku.

Bayangkan nabi daud, saudaraku sudah mempunyai 99 ekor kambing, tapi dia malah ingin meminta kambingku yang cumin satu ekor.

Maka nabi daud menjawab:kamu itu termasuk orang yang dholim. Sudah mempunyai 99 ekor kambing kok masih meminta kambingnya saudaramu yang cumin satu ekor.

Orang laki-laki yang kedua:sambil tersenyum, ia berkata”jadi aku ini salah yaa nabi daud”

Melihat jawaban dari laki-laki yang kedua nabi daud terheran-heran, seraya berkata”kamu itu meminta keputusan dariku. Setelah aku berikan keputusan bahwa kamu itu orang yang dholim, karena merampas satu-satunya kambing yang dimiliki saudaramu, padahal kamu sudah memiliki 99 ekor kambing, setelah aku beri keputusan kamu malah ketawa-ketawa. Apa keinginanmu yang sebenarnya.

Akhirnya kedua orang laki-laki tadi beranjak pergi dari hadapan nabi daud tanpa permisi. Setelah beberapa hari kemudian nabi daud menyakini bahwa dirinya memang mempunyai kesalahan dengan mengambil istri orang lain yang satu, padahal dia sudah mempunyai 99 istri. Dengan menyesalai perbuatannya maka nabi daud bersujud kepada Allah Swt selama 40 hari dan dia tidak beranjak sedikitpun dari tempat sujudnya. Dengan menangis dan tidak pernah mengangkat kepalanya selama 40 hari itu dilakukan oleh nabi daud karena merasa sangat malu kepada Allah Swt.

Karena sangat lamanya nabi daud menangis sehingga menjadikan daerah disekitar tempat sujud nabi daud tergenang oleh air matanya. Bahkan kening nabi daud yang digunakan untuk sujud kepada Allah Swt sudah mulai digerogoti oleh rayap.

Meski nabi daud sudah sujud selama 40 hari 40 malam, nabi daud masih diberikan adzab oleh Allah Swt yang berupa wahyu Allah tidak diturunkan kepada nabi daud. Kemudian nabi daud berdo’a dalam sujudnya yang berbunyi”subhanaka kholiqin-nuur”.

Nabi daud seorang nabi menangis saat waktu sujud bukan hanya untuk meminta ampunan saja dari Allah Swt, tetapi yang ditakutkan oleh nabi daud adalah:jika tidak mendapatkan ampunan dari Allah Swt, maka nabi daud akan menjadi cerita sampai hari kiamat, bahwasanya ada seorang nabi yang melakukan ma’siat, meminta ampunan dari Allah tapi tidak mendapatkan ampunan-NYA. Maka saya akan jadi orang yang pertama tercoreng sebagai orang yang menodai nama nabi.

Setelah melewati beberapa hari lagi dari 40 hari 40 malam, maka datanglah malaikat jibril kepada nabi daud.

Malaikat jibril”ya daud, sesunggunya Allah sudah mengampuni dosamu, tapi ada satu syaratnya. Syaratnya nabi daud harus mendatangi kuburan urea. Disitu nabi daud harus meminta keikhlasan kepada urea.

Maka berangkatlah nabi daud kekuburan urea. Sesampainya diatas makam urea, nabi daud memangil urea dengan mu’jizatnya.

Nabi daud:hai urea

Urea:dalem nabi daud{ada apa nabi daud}

Nabi daud:sesungguhnya kedatanganku kesini untuk meminta maaf kepadamu, apabila selama hidupmu aku mempunyai kesalahan kepadamu urea.

Urea:nabi daud mempunyai kesalahan apa kepadaku

Nabi daud:kamu aku perintahkan maju kegaris depan medan pertempuran dengan tujuan supaya kamu mati, setelah kamu terbunuh, aku ingin menikahi istrimu, dan sekarang aku sudah menikahi istrimu.

Urea:Urea hanya terdiam. Dalam hatinya memendam rasa kesakitan. Siapa yang ndak sakit hatinya jika istrinya diambil oleh orang lain.

Nabi daud:membentur-benturkan kepalanya kemakam urea{karena urea tidak memberikan jawaban}. Sambil berkata kalau aku tidak kamu maafkan, lebih baik saya mati.

Dalam sekejap Allah Wt menurunkan wahyu kepada nabi daud”sudahlah daud, kamu sudah meminta maaf kepada urea, semua kesalahanmu juga sudah kau jelaskan. Jika kamu sudah meminta maaf kok belum juga dimaafkan, itu kamu sudah tidak berdosa. Urea akan menjadi tanggunganku{Allah]besok dihari kiamat urea akan aku{Allah}berikan tempat yang paling indah. Sedangkan kamu sudah aku ampuni karena kamu sudah melakukan sebagai kewajiban orang hidup yang punya salah kepada orang lain hingga mau minta maaf.

Mulai sejak kejadian itu, meski nabi daud sudah mendapatkan ampunan dari Allah Swt, nabi daud tidak pernah menengadahkan atau mengarahkan pandangannya ke arah langit. Karena nabi daud merasa malu kepada Allah Swt. Mulai zaman itu nabi daud kalau berjalan selalu menunduk, sampai akhirnya kerajaan nabi daud dilanjutkan oleh putranya yang bernama nabi Sulaiman.

Catatan:
Syukur sudah mau meminta maaf, yang dimintai maaf masih tidak mau memaafkan, ndak masalah, {orang yang tak mau memaafkan ketika dimintai maaf}itu sudah menjadi urusan Allah swt
Wanita itu sifat malunya lebih besar daripada syahwatnya. Kok andaikata wanita itu tidak mempunyai rasa malu niscaya syahwatnya akan mengalahkan hewan. Karena mempunyai rasa kemaluan yang sangat besar maka dia bisa baik seperti itu.
Dalam politik cara nabi daud untuk menikahi istri urea memang tidak terlihat. Menginginkan istri orang dengan cara yang sangat halus. Sehingga sang suami itu tidak merasa, kalau itu{perintah membawa bendera digaris depan medan pertempuran}merupakan suatu tipuan.
Tapi dengan dasar syari’at perbuatan itu tidak merebut istri orang, karena suaminya memang sudah mati. Sekalipun disiasati seperti itu kejadiannya.

Google +