pengajian kh jamaluddin ahmad jombang

Catatan saat mengaji bersama dan sesarengan teman-teman dipondok pesantren As-syafi’iyah-wates-kedensari-tanggulangin-sidoarjo-jawa timur. Disampaikan secara live oleh al-mukarrom kh. Gus muhaimen.

Belajar ngaji, terus ditoto kelakuane lan omonggane kelawan genah-genah, gak isok secara langsung.

Mutusno perkoro gak eroh permasalahane, efeknya murid gak eroh arahe melangkah.

Arek sa’iki diperhatie’no gak disenengi, gak diperhate’no engkok ngawor.

Duwik e akeh, gak mesti mulyo uripe.

Wong seng seneng, tenang iku wong seng ngerasakno kemulyaan. Paling gak enak iku ngangur. Uripe koyok gombal, gak onok artine.

Wong nek wes ketemu titik matine, bakalan sadar-sadar dewe.

Kakune akal, keruhnya angan-angan yang dalam, mbarakno kabeh dianggep masalah.

Perubahan zaman gak usah dipermasalahkan. Kalau ngak mau berubah, jangan hidup pada zaman sekarang.

Nek duwe ilmu, angen-angenen seng jeroh. Ben gak ngawur ngelakonine.

Perkoro apik gak bakalan suwe, mergane ngawur ngelakonine. Lan gara-gara lakune wong iku dewe.

Dunyo iku koyok banyu asin. Nek koen ombe, gak tambah seger, malah tambah ngelak.

Wong biyen njobo njerohne gemebyar{padang}. Wong sa’iki joboe thok seng gemebyar, njerohne kosong.

Jika baik, lakukanlah. Jika sudah dilakukan maka istiqomah-ono.

Aku duwe karep, sampeyan duwe karep, pengeran{Allah} ngeh duwe karep, Sak karepe pengeran seng mutusno.

Dibiasakno akeh perbuatan, tapi gak kakean cangkem.

Seneng iku ngeroso{merasa}memiliki sampek gak ngurusi awa’e dewe.

Jobone apik, tapi njerohne elek. Iku bahaya. Mendhing jobone elek, tapi njerohne apik.

Ngobati bathen iku luweh penting. Sehinggo dados budi pekerti lan akhlaq ingkang sae.

Awa’e dhisel didhandani{dibenerno lakune}, baru konco-konco, dhulur-dhulure, tonggo-tonggoe.

Dadiho wong seng duwe matur suwon nang gusti Allah Swt.

Wong tuwo ibarat cagak, anak iku ayang-ayange.

Ojok duwe cita-cita seng dhukur, nek gak duwe kelakuan seng mulyo nang gustoi Allah Swt.

Mauidhoh sakeng mbah yai jamal-tambak beras-jombang-jawa timur-indonesia.

Beramal-lah, karena setiap orang itu dipermudah untuk apa yang ia ciptakan. Kapan diciptakan buat surga, maka dipermudahkan oleh Allah melakukan amal-amal ahli surge.

Dari keterangan syaik hatim al-asom.

Sumber penyakit bathen itu ada tiga:takabbur{menyebabkan iblis dilaknat Allah} serakah{atas dasari ibu hawa ingin memakan buah khuldi} hasud/dengki{sumber terjadinya pembunuhan habil}

Penyakit bathen iku sengsoroe sampek akherat.

Wali badal iku jumlahe sak dunyo hanya 40, nek niku onok seng sedo, langsung diganti oleh yang lain, dadi tetep 40 terus jumlahe.

Suatu daerah nek di tempati wali badal, ora bakal onok bencana alam, mergo dadi caga’e bumi.

Seng dadi patho’e bumi jenenge wali autak. Jumlahe namung sekawan. Iku yo ngono, nek wonten sneg sedo langsung diganti, sedo wonten seng ganti. Tempatnya ada di sekawan penjuru arah mata angin, yoiku kutub selatan, kutub utara, kutub timur, kutub barat.

Kasih sayang kepada siapapun dan pada apapun.

Pesennya iblis kepada nabi adam:jangan dekat-dekat dengan wanita. Jika kamu dekat-dekat dengan wanita, kamu aku goda, si wanita juga tak goda.

Kesetiaan yang diujiakan oleh para auliya’illah dating poro santri-santrine.

To’at:segala sesuatu yang cocok dengan syara’. Ma’siat adalah segala sesuatu yang tidak cocok dengan syara’.

Barang apik iku ora iso dadi apik nek gak mudawamah{terus-menerus}

Imam syafi’i:Barang elek nek gak terus iku apik. Barang apik nek gak terus-menerus dadi elek.

Dholek rizqi seng paling penting yoiku mek siji”halal”.

Mencari rizqi yang paling penting itu hanya satu, yaitu halal.

Ojok sampek isin golek rizqi seng halal. Sumber ekonomi apa saja, gak perlu isin.

Jika sholat itu mintalah pengampunan dan kewelasan{kasih sayang}

Biasane barang apikisok dadi gak apik, iku rata-rata terpengaruh oleh bondo-pengawean.

Apa artinya bayaran besar, kalau tidak bisa sholat.

Pangan kanggo urip, urip kanggo ibadah. Nek diwalek yo elek.

Kepastian Allah yangditulis di laukh mahfud disebut qodho’ mubrom. Kepastian yang tidak ditulis wonten laukh mahfudh disebut qodho’ muallaq.

Kepastian yang dulu disebut saabiqoh, termasuk panjang pendeknya umur.

Dhunyo iku yo kanggo jalaran melbu suwargo. Tujuane dhunyo iku kanggo tanduran nang akherat. Ojok digegem dewe ae.

Ke-anugrahan ilahi yang paling besar niku tambahe iman.

Syaikh zainuddin al-ma’bari:sholat dua rokaat dari orang yang ma’rifat Allah, itu lebih utama dari 1000 rokaat orang yang alim tapi tidak ma’rifat.

Ulama’ salaf adalah ulama’ yang hidup sebelum tahun 300 hijriyah. Ulama’ kholaf adalah ulama’ yang hidup setelah masa 300 hijriyah.

Mata hati ada tiga tingkatan, yaitu bashirotul qolbi, bashirotu-rukh, bashirotus-sirri.

Ada dua hal yang mempengaruhi jiwa. Dua hal itu menari-nari bagai gadis yang cantik nan jelita, yaitu harta dan tahta, tapi tahta lebih disenangi daripada harta.

Sabda nabi Muhammad Saw: menyukai jabatan dan harta itu membahayakan agama seseorang. Melebihi bahayanya dua srigala yang ganas dilepaskan pada kelompok kambing.

Sayyida ja’far as-shodiq mengatakan barang siapa mencari sesuatu yang tidak ada, maka dia hanya mendapatkan kepayahan, tidak mendapatkan apa-apa{sopo wong-e ndholek barang seng ora onok, iku tuwas pegel, kenggelan lan ora oleh opo-opo} yaitu kenikmatan dunia.

Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata.

Barang siapa yang sulit memperoleh hajatnya, maka perbanyaklah membaca sholawat kepada kanjeng nabi, karena memperbanyak sholawat itu bisa menghilangkan kesumpek-an dan kesusahan serta lebih menentramkan hati.

Perbuatan baik itu bisa menambah umur{menambah nilai daripada umur}bukan masae umur.

Hewan kawitan kenal srudugan/tukaran, suwe-suwe rukun, tapi nek manugso kawitan rukun, suwe-suwe tukaran.

Tata kramanya ibadah itu lebih penting daripada ibadahnya. Karena kalau ibadah itu ujung-ujungnya pahala, kalau tata karma ujung-nya itu pepareq/mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Termasuk kelakuan murid seng bener iku mencintai gurune, sebagai petunjuk melintasi barang-barang yang ghoib.

Jasad ibarat perahu,sedangkan ruh ibarat nahkoda.

Usaha itu hanya perantara, penjemputan thok. Rizqi sudah disiapkan oleh Allah Swt. Tapi kabeh bingung jempute.

Syaikh nawawi banten:barang siapa menyakini bahwa rizqi itu adalah dari usahanya, maka dia syirik.

Imam syafi’i:west ala rizqimu gak bakal ilang, gak bakal kurang, walaupun usaha yang santai-santai.

Meningalkan lantaran akan kehilangan tujuan, tapi lantaran tidak bisa menciptakan sesuatu, yang menciptakan hanya Allah Swt.Peningkatan yang paling baiuk, yaitu peningkatan akhlaq.

Hasile wong ibadah iku keto’e ten ahlaq{hasil dari orang ibadah itu terlihat pada akhlaqnya}

Tingkatan dermawan atau loman itu ada tiga:

Sakho’ adalah memberi saat dimintai.

Juud member tanpa menunggu dimintai.

Karoom adalah jika member sangat memuaskan, tidak peduli berapa yang diberikan, tidak peduli siapa yang diberi.

Saat manusia melewati jembatan ogal-agil/sirothol mustaqim membutuhkan masa waktu 30.000 tahun. 10.000 tahun dengan jembatan mendatar. 10.000 tahun dengan jembatan keatas. 10.000 tahun dengan jembatan menurun.

Uang tak akan bisa habis. Orang bisa mati. Dalam bahasa jawa dikenal dengan duwek gak isok enthek, wong isok mathek.

Semoga wacana diatas diringi oleh siraman rahmat allah swt sang penguasa pencipta semesta yang maha pengasih lagi maha penyayang bagi seluruh makhluk-NYa. Aamiin ya mujibasaailin. Makasih dan sampai berjumpa kembali dalam bait-bait kata yang penuh makna.






Google +