Berikanlah Pendidikan Bukan Pengajaran

Pengajaran thok seng akeh, pendidikane seng jarang onok.
Pengajaran iku yo nang kelas, kuliyah, kursus, less de...el...el gi tuch.
Nek pendidikan, di awasi, diarahno, ditegesi, disanksi, dihukum. Itupun harus dilakukan setiap waktu dan berulang-ulang kali. Iku jenenge didik temenan.
                                                                                                                                    Pengasuh

Di negara indonesia jarang sekali memberikan pendidikan yang banyak adalah hanya pengajaran, pengajaran dan pengajaran saja, itu merupakan kelemahan bangsa kita. Karna pendidikan beda jauh dengan pengajaran.
Pengajaran hanya bertumpu pada teori saja tanpa ada unsur ada unsur mendidik, terutama mendidik karakter. Dengan lemahnya pendidikan maka tak heran ya beginilah fenomena hasil dari sebuah pengajaran tanpa didasari dengan pendidikan. Yang hasilnya sangat jauh dari kaidah-kaidah pendidikan. Maka dari itu kami mengemukakan pendapat yang mungkin agak berbeda.

Ta'lim
adalah pengajaran yang bersifat pemberian atau penyampian pengertian, pengetahuan dan ketrampilan. Adapun keterangan lain berbunyi proses pemberian pengatahuan, pemahaman, pengertian, tanggung jawab, sehingga diri manusia itu menjadi suci atau bersih dari segala kotoran sehingga siap menerima hikmah dan mampu mempelajari hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya ( ketrampilan).

 Tarbiyah sebgai berikut: 
- Proses pengembangan dan bimbingan, meliputi jasad, akal, dan jiwa, yang dilakukan secara berkelanjutan, dengan tujuan akhir si anak didik tumbuh dewasa dan hidup mandiri di tengah masyarakat. 
- Kegiatan yg disertai dengan penuh kasih sayang, kelembutan hati, perhatian, bijak, dan menyenangkan (tidak membosankan). 
- Menyempurnakan fitrah kemanusiaan, memberi kesenangan dan kemuliaan tanpa batas sesuai syariat Allah SWT.
- Proses yg dilakukan dengan pengaturan yg bijak dan dilaksanakan secara bertahap dari yg mudah kepada yg sulit.
- Mendidik anak melalui penyampaian ilmu, menggunakan metode yg mudah diterima sehingga ia dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Kegiatan yg mencakup pengembangan, pemeliharaan, penjagaan, pengurusan, penyampaian ilmu, pemberian petunjuk, bimbingan, penyempurnaan, dan perasaan memiliki terhadap anak.
keterangan bersumber dari wikipedia dan kitab ta'lim muta'allim.

Adapun tarbiyah digolongkan atau dibagi menjadi dua:
1. Tarbiyah  kholqiyaat yakni pembinaan dan pengembangan jasad, akal, jiwa, potensi, persaan dengan berbagai petunjuk.
2. Tarbiyah diniyaat tadhibiyyaat yakni pembinaan jiwa dengan wahyu untuk kesempurnaan akal dan kesucian jiwa menurut pandangan Allah SWT.

Thanks you....kami mohon saran dan kunjugannya. Baik bersifat teguran dan hinaan kami siap menerima.

Google +